STRATEGI MARKETING, SALES AND PROMOTION
undefined
undefined
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran
adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran
pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang
diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor
utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1. Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap
perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam
persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian
kecil dari pasar.
3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan
kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
Macam-Macam Strategi Pemasaran
Macam strategi
pemasaran diantaranya:
1. Strategi kebutuhan
primer
Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu menambah jumlah pemakai dan meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
Yaitu dengan
cara :
Mempertahankan pelanggan misalnya:
- Memelihara kepuasan pelanggan;
- Menyederhanakan proses pembelian;
- Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier):
- Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
- Mengambil posisi berbeda (differentiated position)
Secara lebih jelas,
strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
- Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
- Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
- Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
- Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
0 komentar:
Posting Komentar